Macam-Macam Vitamin dan Sumber Makanannya

sayuranA.    Macam-Macam Vitamin dan Sumber Makanannya

Vitamin memang sangat dibutuhkan dalam membangun kesehatan tubuh dan agar mekanisme dalam tubuh ini bisa berjalan dengan normal. Vitamin merupakan suatu molekul organik yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses metabolisme dan pertumbuhan yang normal. Vitamin-vitamin tidak dapat dibuat oleh tubuh manusia dalam jumlah yang sangat cukup, oleh karena itu harus diperoleh dari bahan pangan yang dikonsumsi.

Berdasarkan kelarutannya dalam air, maka vitamin dibagi dalam 2 kelompok yaitu :

  1. Vitamin yang larut dalam air : Vitamin B dan Vitamin C
  2. Vitamin yang larut dalam lemak: Vitamin A, D, E, dan K.
  1. B.     Vitamin yang Larut dalam Lemak dan Sumbernya
    1. Vitamin A

Vitamin yang penting untuk pemeliharaan sel kornea mata membantu pertumbuhan tulang dan gigi pembentukan dan pengaturan hormon melindungi tubuh terhadap kanker. Sumber vitamin A terdapat pada :

  1. sayur-sayuran (wortel, ubi, labu kuning, bayam, tomat)
  2. buah-buahan (pepaya)
  3. susu
  4. keju
  5. mentega
  6. telur
  7. minyak ikan
  8. minyak kelapa sawit

2. Vitamin D

Bahan makanan alami hanya sedikit yang mengandung vitamin D diantaranya, yaitu :

  1. Ultraviolet
  2. Minyak ikan
  3. Spesies ikan berlemak, seperti: Lele, Salmon, Sarden kalengan,Tuna kalengan
  4. Telur
  5. Hati sapi
  6. Jamur
  7. Kuning telur
  8. Mentega
  9. Sarden

3. Vitamin E

Vitamin E ditemukan secara alami di banyak makanan, yaitu:

  1. Asparagus
  2. Alpukat
  3. Telur
  4. Susu
  5. Kacang Seperti almond atau hazelnut
  6. Benih / biji
  7. Bayam dan sayuran lain berdaun hijau
  8. Gandum utuh
  9. Gandum makanan
  10. Kecambah
  11. Mentega ,daging

4. Vitamin K

Vitamin K dapat diperoleh dari makanan seperti

  1. Hati
  2. sayur-sayuran berwarna hijau yang berdaun banyak, sayuran sejenis kobis (kol), buah –  buahan dan susu.
  3. Vitamin K dalam konsentrasi tinggi juga ditemukan pada susu kedelai, teh hijau, susu sapi, serta daging sapi dan hati. Jenis-jenis makanan probiotik, seperti yoghurt yang mengandung bakteri sehat aktif, bisa membantu menstimulasi produksi vitamin ini.
  4. Kuning telur , minyak kedelai

  1. C.    Vitamin yang Larut dalam Air dan Sumbernya

Vitamin larut dalam air  terdiri dari dua grup, yaitu vitamin B dan vitamin C. Kedua vitamin ini penting untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. Thiamin ( Vitamin B1)

Sumber-sumber makanannya adalah

  1. Ragi
  2. Hati
  3. Biji bunga matahari
  4. Sejumlah padi
  5. Biji-bijian
  6. Kacang polong
  7. Semangka
  8. Tiram
  9. Oatmeal
  10. Tepung terigu
  11. Beras

2. Riboflavin ( Vitamin B2 )

Sumber utamanya adalah Susu, keju, sayuran hijau, biji-bijian, brokoli, jamur, bayam, daging, hati, telur, kentang, putih telur.

3. Niacin (Asam nikotinat, nicotinamida, niasinamida, Vitamin B3)

Sumber utamanya adalah Daging, unggas (ayam, itik), ikan, roti, sereal (biji-bijian), jamur, asparagus dan sayuran hijau.

4. Asam pantotenat (Vitamin B5)

Sumber-sumber utama adalah Daging, ikan,unggas (ayam, itik dll), semua biji-bijian dan sayuran

5. Vitamin B6 (Piridoksin, piridoksal, piridoksamin)

Sumber-sumber utamanya adalah Daging, ikan dan unggas (itik, ayam), kentang, sayuran hijau dan buah berwarna ungu.

6. Folat (Folasin, asam folat, asam pteroilglutamat, Vitamin B9)

Sumber-sumber utamanya adalah sayur-sayuran, khususnya sayuran berdaun hijau, hati, daging, khamir.

7. Vitamin B12 (Kobalamin)

Sumber-sumber utamanya adalah Vitamin B12 hanya ditemukan didalam produk-produk hewan dan hasil frementasi. Sayuran dari daun komprey, oncom dari bungkil kacang tanah, tempe, tauco, kecap.

9. Vitamin C

Sumber-sumber utama adalah

  1. Jeruk
  2. Brokoli
  3. sayuran berwarna hijau, kol(kobis)
  4. melon
  5. strawberi
  6. tomat
  7. daun papaya
  8. singkong

Macam-macam Mineral, Sumber dan Fungsinya

  1. Kalsium (Ca)

Sumber : Susu, keju, brokolki, es krim, telur, produk seafood, bayam, daun melinjo, sawi, lobak, bayam, daun katuk, kacang-kacangan.

Fungsi : Pembentukan tulang dan gigi

  1. Fosfor (P)

Sumber : Daging, ikan, seafood, dan telur.

Fungsi : Pembentukan tulang dan gigi serta mengatur keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

  1. Besi (Fe)

Sumber : Susu, telur, daging, ikan, tepung, gandum, hati, kuning telur dan sayur-sayuran yang berwarna hijau.

Fungsi : Pembentukan hemoglobin dalam darah.

  1. Fluorin (F)

Sumber : Kuning telur, susu, air, makanan laut, tanaman, ikan, makanan hasil ternak, dan otak

Fungsi : Memperkuat gigi

  1. Iodin (I)

Sumber : Garam dapur, Makanan hasil laut, telur, susu, tiram, dan rumput laut

Fungsi : Membentuk hormone tiroksin.

  1. Natrium (Na)

Sumber : Ikan, pisang, kentang, Daging, garam, mentega, dan produk peternakan dan sayuran hijau

Fungsi : Mengatur kelancaran kerja otot, terutama otot jantung dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

  1. Klorin (Cl)

Sumber : Garam dapur, susu, daging, udang, saledri, telur, keju dan sayuran hijau

Fungsi : Membentuk asam lambung(HCL) dan memelihara keseimbagan cairan dalam tubuh

  1. Kalium (K)

Sumber : Kacang-kacangan. hati, ikan,kerang, sayuran, buah-buahan, dan kecap

Fungsi : Mempengaruhi kerja otot jantung, mengatur tekanan osmosis dalam sel dan membantu mengantarkan impuls saraf.

  1. Tembaga (Cu)

Sumber : Padi-padian, polong-polongan, kerang, ginjal, susu, sereal,dan hati

Fungsi : Membantu pembentukan hemoglobin

10.  Magnesium ( Mg )

Sumber Magnesium : Kacang-kacangan, kecipir, kedelai, sayuran hijau, makanan hasil laut, dan sereal

11.  Sulfur ( S )

Sumber Sulfur : Sayuran, telur, daging, susu, dan buah-buahan

12.  Seng ( Zn )

Sumber Seng (Zn) : Ikan laut, hati, daging, telur, dan susu

Sumber :

Purwitasari Desi dan Maryanti Dwi, 2009, “Gizi dalam Kesehatan

Reproduksi”,  Nuha Medika, Yogyakarta.

http://id.shvoong.com/exact-sciences/1998456-macam-macam-mineral-sumber-dan/#ixzz29ut20F00

http://www.sentra-edukasi.com/2011/08/fungsi-macam-mineral-bagi-tubuh.html#.UIOZHq5ICF4

http://siweh.blogspot.com/2012/05/jenis-vitamin-macam-sumber-dan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s